Halloween party ideas 2015

Ayo kenali ikan sili

Hallo sahabat pancinger yang pertama update berkunjung ke Blog ini. Apa kabarnya hari ini..? Masih belum tahu cara memancing ikan yang satu ini..?, atau masih belum cukup berita mengenai eksistensi ikan yang satu ini. Ayo kita kenali dahulu wacana ikan yang satu ini.


Ikan sili (sunda : berod) yaitu sejenis ikan predator yang cukup buas juga untuk dipancing. Sayangnya ikan yang satu ini sudah cukup langka di tempat pulau jawa ini. Akan tetapi sahabat masih bisa memancing ikan ini, asalkan tahu tips dan trik memancing ikan ini.

Ikan sili ini bisa sahabat jumpai di sungai-sungai besar yang pedoman airnya cukup deras. Karena ikan yang satu ini menyukai pergerakkan air yang cepat. Di wilayah sungai menyerupai sukabumi, bogor dan cianjur kemungkinan ikan ini masih ada, hanya saja jumlahnya sedikit. Para pancinger bisa mencari info wacana seputar ikan ini.

Bentuk ikan ini agak pipih menyerupai sabuk, dengan deretan duri-duri di sekitar punggung sebagai senjata andalannya. Mulut ikan ini agak kerucut dan yang lebih membuat sahabat terpana yaitu warna motif ikan ini yang luar biasa cantik menyerupai Batik. Ada batiknya berwarna hijau lumut, merah, ungu dan sebagainya. Ikan ini bisa tumbuh sampai panjang kurang lebih 1 meter. Ikan ini lebih suka mencari makan pada malam hari dan mendiami tempat yang berlumpur atau berpasir.

Habitat Ikan Sili

Ikan yang satu ini bisa hidup diberbagai jenis kondisi alam dan pedoman sungai, baik air sungai yang berwarna jernih, agak kehijauan maupun agak kuning hampir kecoklat. Bagi para pembaca yang ingin mengetahui lebih jauh perhatikan pola gambar berikut ini : 

 Habitat ikan di arus deras

Ikan ini pula bisa hidup di pedoman sungai yang airnya berwarna kehijauan. Warna air bisa menyerupai ini bisa disebabkan 2 faktor, yaitu karena demam isu kemarau yang panjang sampai kondisi air agak hijau. Yang kedua dikarenakan dasar sungai ini banyak mengandung pasir. Perhatikan gambar di bawah ini : 

Air sungai kehijauan

Habitat ikan sili juga terdapat pada sungai-sungai yang airnya berwarna agak kuning kecoklatan. Warna air sungai bisa menyerupai ini disebabkan banyak faktor, salah satunya yaitu bercampur dengan pedoman pembuangan air sawah. Bisa pula karena terdapat banyak lumpur di pedoman sungai ini. Perhatikan gambar berikut : 

Air sungai agak kuning kecoklatan

Harga Ikan Sili

Ikan ini tergolong salah satu ikan yang cerdas sehingga mereka bisa cepat mencar ilmu dan bisa mengenali pemiliknya bila dipelihara dalam aquarium. sifat ikan ini menarik dan harganya yang menggiurkan di pasaran harga per ekor kurang lebih Rp150.000. Ikan ini juga bisa dibudidayakan dalam bak pemeliharaan.

Ikan sili

Karena ikan ini memiliki keunikan pada warna batik di tubuhnya, ikan ini banyak yang menyukai terutama para komunitas ikan. Tapi sayang, ikan ini sudah sangat jarang di temui. Mungkin karena habitat ikan ini sudah mulai rusak oleh tangan-tangan insan yang kurang bertanggung jawab. Ya agar saja para generasi kita kedepan lebih peduli terhadap kelestarian lingkungan dan habitat semua ikan.

Baiklah Semoga info mengenai ikan Sili ini bisa bermanfaat untuk sahabat semua. Salam pancinger, agar sukses.

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.